Cicilan Mobil Murah dan Cara Mendapatkannya

ilustrasi cicilan mobil murah

Farzaneh Journal – Cicilan mobil murah kini semakin digrandrungi. Bukan karena soal prestis semata, tapi juga keinginan sebagian besar orang yang ingin membawa pulang mobil idaman tanpa mesti dipusingkan dengan cicilan kendaraan bulanan yang membengkak.

Karenanya akan sangat menguntungkan jika Anda membeli kendaraan dengan sistem cicilan mobil murah.

Pemilihan kendaraan bukan cuma memperhatikan nilai guna, fungsi dan efisiensi kendaraan, tapi juga harus memperhatikan aspek manajemen keuangan, agar cicilan mobil bulanan tidak membebani keuangan pribadi.

Cara mendapatkan cicilan mobil murah

Jadi selain memilih mobil yang Anda butuhkan, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa aspek lain supaya bisa mendapatkan cicilan kendaraan bulanan yang tidak memberatkan keuangan.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan guna memperoleh cicilan mobil yang terjangkau dan sesuai dengan keinginan.

Pilih leasing atau bank?

Umumnya orang yang ingin mendapatkan cicilan mobil murah bisa memilih antara mengambil program cicilan di bank atau perusahaan leasing.

Opsi pembiayaan lewat bank biasanya diperoleh melalui program kredit kendaraan bermotor. Keunggulannya, suku bunga lebih rendah ketimbang mencicil lewat leasing. Lalu DP-nya juga biasanya lebih rendah.

Sedangkan bila lewat leasing, proses persetujuan kredit terbilang lebih cepat ketimbang proses lewat bank. Selain itu staff leasing juga akan membantu Anda mempersiapkan dokumen, serta bila perlu menyambangi ke rumah untuk membantu Anda mempersiapkan semuanya.

Bayar uang muka yang lebih besar

Ambil contoh misalnya kamu ingin membeli mobil baru Toyota, salah satu cara mendapat cicilan mobil yang lebih rendah adalah dengan membayar uang muka yang lebih besar.

Dan karena saat ini beli mobil semakin mudah, kamu bisa melakukan transaksi pembayaran DP secara online di dealerĀ resmi Toyota Official Store Solution.

Sebaliknya, jika anda membayar dengan uang muka kecil, maka anda harus membayar dengan cicilan besar. Misalnya dengan Uang Muka 40%, berarti anda hanya perlu mengajukan kredit untuk sisa 60%. 

Pilih tenor untuk cicilan mobil murah

Dengan DP yang lebih besar, pilih tenor atau waktu cicilan yang lebih pendek. Ini merupakan saran penting, supaya jangka waktu cicilan Anda tidak memakan waktu lama.

Umumnya tenor cicilan mobil berjalan dengan rumus berikut:

  • Bila mengambil tenor pendek, Anda harus bersiap dengan cicilan yang lebih besar namun dengan periode kredit yang lebih pendek.
  • Bila mengambil tenor panjang, maka Anda cicilan Anda lebih ringan dengan periode kredit yang lebih panjang.

Di titik ini Anda harus lebih jeli menghitung simulasi kredit kendaraan. Usahakan supaya cicilan bulanan keseluruhan ada di angka 30 – 40 % dari penghasilan bulanan.  

Pertimbangkan trade-in

Memilih angsuran mobil bekas juga bisa menjadi trik jitu bagi anda untuk bisa mendapatkan harga dan cicilan yang murah.

Pasalnya, nilai mobil cenderung menurun setiap tahun seiring dengan keluarnya model-model baru. Namun sebelum mengambil cicilan mobil bekas, anda harus memperhatikan kondisi keseluruhan mobil. 

Ambil asuransi pilihan Anda sendiri

Biaya cicilan mobil yang terdiri dari biaya cicilan ditambah bunga, biaya asuransi dan administrasi bisa membuat cicilan ini menjadi besar.

Untuk bisa membuat cicilan lebih murah, anda bisa mengakalinya dengan mengambil asuransi sendiri. Biaya asuransi yang ditanggung kreditor tentu bisa membuat cicilan anda semakin besar. 

Manfaatkan promo

Rajin-rajinlah mencari informasi promo cicilan kendaraan. Karena mungkin sekali Anda memperoleh program promo menarik seperti DP yang lebih rendah, cicilan lebih hemat, cashback, dan lain sebagainya.

Kesimpulan: cicilan mobil murah mudah didapat, kok

Dengan melakukan hal-hal di atas, anda dapat menekan biaya pembelian mobil dan mendapatkan cicilan mobil baru maupun bekas, dengan biaya yang lebih murah dibandingkan harga pasaran. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *