Home » Tata Cara Menjadi Dropshipper tanpa Modal di Shopee

Tata Cara Menjadi Dropshipper tanpa Modal di Shopee

  • by
ilustrasi menjadi dropshipper tanpa modal

Farzaneh Journal – Cara menjadi dropshipper tanpa modal bisa membantu Anda membangun bisnis dropshipping. Dropshipping merupakan model bisnis yang menjual produk dari pihak lain. Sedangkan dropshipper adalah seseorang yang menawarkan produk kepada orang lain tanpa ada produk yang tersedia.

Saat dropshipper menerima pesanan dari orang lain, ia akan memesannya dari pemasok produk. Kemudian pesanan akan dikirim langsung ke orang yang memesannya.

Ringkasan tata cara menjadi dropshipper tanpa modal

Salah satu pilihan paling mudah menjadi dropshipper adalah mulai membuka peluang di Shopee, platform di mana Anda bisa membuka sebuah akun untuk menjualkan barang-barang dengan sistem dropshingging.

1. Buat akun di Shopee

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi dropshipper Shopee adalah membuat akun Shopee. Anda tidak akan bisa membeli atau menjual apapun di Shopee sampai Anda memiliki akun di e-commerce ini.

2. Mencari dan Membeli Produk

Cari produk atau pemasok tempat Anda ingin menjual barang tersebut. Pilih produk dan variasi produk Anda, lalu klik ‘Beli Sekarang’. Anda juga bisa menyimpan produk di ‘Keranjang’ jika ada barang lain yang ingin Anda beli.

3. Checkout

Kemudian, Anda akan dipandu ke halaman belanja. Cek semua produk yang akan Anda proses, lalu klik checkout.

4. Mengisi Data Pembeli

Setelah itu isikan alamat customer Anda secara lengkap di formulir. Isi data pelanggan dengan benar agar barang dapat sampai ke pelanggan. Kemudian, klik ‘OK’ setelah semua data selesai.

5. Mengirim Produk Sebagai Dropship

Selanjutnya, centang kata ‘Send as Dropshipper’. Kemudian masukkan nama dan nomor telepon Anda. Lalu scroll kebawah untuk anda memilih metode pembayaran . 

  • Dropship di Shopee

Shopee sendiri menjelaskan dropship sebagai sistem dimana Anda sebagai pengguna Shopee dapat membeli produk di Shopee, kemudian Anda dapat menjualnya kembali dengan nama atau toko Anda pada label kemasan.

Cara ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan fitur Dropshipper yang disediakan oleh Shopee. Dan seperti sistem penjualan dropshipping lainnya, barang yang Anda pesan akan dikirim langsung ke pembeli Anda.

Buat kamu yang cukup sering berbelanja lewat Shopee, mungkin kamu tahu kalau di label pengiriman pasti ada logo Shopee di dalamnya.

Wah, pembeli Anda tahu Anda seorang dropshipper, bukan? Nah, Anda tidak perlu khawatir dengan label pengiriman karena Shopee menjamin bahwa label pengiriman pada detail pesanan yang dilampirkan pada barang yang dikirimkan pemasok ke pembeli Anda hanya akan mencantumkan informasi Anda.

Selain itu, label pengiriman juga tidak disertai logo Shopee. Bagaimanapun, pembeli tahu bahwa Anda mengemas dan mengirimkan barang, titik.

  • Cara Lain Dropship di Shopee

Dropship juga bisa kamu lakukan di Shopee lain yaitu dengan berbelanja di Shopee melalui fitur Seller. Hanya saja Anda perlu memasukkan alamat yang berbeda sebagai alamat toko yaitu alamat pemasok.

Dengan begitu, Anda tetap dapat menerima pesanan melalui akun Shopee Anda, dan barang akan tetap dikirim dari gudang pemasok atau lokasi toko tanpa ada risiko perbedaan. dalam biaya pengiriman.

Hanya saja perlu Anda perhatikan bahwa pencairan dana dari hasil penjualan hanya bisa dilakukan jika barang sudah sampai di tangan pembeli.

Artinya Anda perlu menginformasikan supplier Anda dan membuat kesepakatan tentang pembayaran: apakah bisa dilakukan setelah dana dicairkan, apakah harus membayar dulu, atau ada kesepakatan lain. Selain itu, selalu informasikan nomor resi supplier agar tidak bertentangan dengan sistem di Shopee.

Terlepas dari bagaimana Anda ingin dropship di Shopee, ingatlah bahwa mencari supplier yang andal itu wajib. Pasalnya, pasti banyak sekali pesaing, sehingga Anda perlu menjaga kualitas barang dan jasa agar pembeli lama akan datang kembali, dan pembeli baru tidak akan ragu ketika berbelanja dari toko Anda.

Mudah bukan, menjadi dropshipper tanpa modal? Anda bisa memulainya di Shopee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *