Home » Cerdas Berinvestasi di Bidang Properti

Cerdas Berinvestasi di Bidang Properti

  • by
ilustrasi cerdas berinvestasi

Farzaneh Journal – Bidang properti digadang-gadang sebagai satu cabang investasi yang menjanjikan keuntungan besar, dan masih sangat seksi di 2021. Walau begitu setiap orang yang berminat terjun di bidang tersebut harus cerdas berinvestasi agar tidak rugi dan menghabiskan dana begitu saja tanpa hasil.

Supaya kita cerdas berinvestasi

Investasi di bidang properti merupakan subjek yang ingin dibahas di sini. Tapi sebelum sampai kesana, kita akan membahas bagaimana supaya nantinya seseorang bisa cerdas ketika menginvestasikan uangnya di bidang tersebut.

Pada dasarnya ada empat langkah aman berinvestasi. Yang pertama adalah mengenali hak dan kewajiban. Yang kedua adalah mengenali manfaat dan resiko. Yang ketiga adalah mengenali produk dan jasa keuangan. Dan yang keempat mengenali kebutuhan dan kemampuan.

Selain empat hal di atas, ada empat hal lain yang perlu diperhatikan supaya Anda bisa jadi cerdas ketika berinvestasi:

  1. Semakin awal menabung dan berinvestasi, maka keuangan di masa depan kemungkinan semakin baik.
  2. Tidak terlalu fokus pada tabungan.
  3. Kalau berinvestasi di bidang saham, sebaiknya tetap tenang bahkan ketika harga merosot.
  4. Tidak menimbun utang terlalu banyak

Zaman sekarang kita terlalu sering melihat berita tentang investasi bodong maupun ilegal. Dengan begitu kita perlu menambahkan satu langkah aman berinvestasi, yakni kemunculan investasi asal-asalan dan ilegal yang merayu orang dengan keuntungan yang sangat tidak logis.

Dengan kata lain, Anda harus cerdas terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menanamkan uang di bidang properti.

Bagaimana menjadi cerdas ketika berinvestasi properti

Berani memulai. Itulah moto utama yang harus diperhatikan ketika kita memutuskan terjun di bidang investasi properti.

Bidang ini pada dasarnya masih banyak peminatnya, oleh karena permintaan properti yang meningkat, namun lahannya semakin terbatas.

Karena alasan itu, tidak heran bila investasi properti digandrungi sebagai pilihan yang menjanjikan keuntungan pasif yang cukup besar. Hanya saja sama seperti ketika seseorang memulai sesuatu, investasi properti penuh dengan hal-hal yang harus dipelajari terlebih dulu.

Tips berikut ini akan membantu Anda mendukung keberhasilan berinvestasi di bidang properti:

Temukanlah pengembang profesional

Pengembang profesional sudah pasti baik kerjanya. Untuk mengeceknya, Anda bisa lihat portfolio properti yang pernah dikerjakan maupun kualitas sumber daya manusia yang diberdayakan oleh pengembang tersebut.

Mengamati pasar properti

Dengan cara ini Anda akan mendapatkan informasi terkini yang berkaitan dengan apakah pasar properti baru-baru ini bergerak sesuai tren atau sentimen konsumen.

Anda mungkin perlu mencari tahu gaya bangunan yang sedang ngetren, atau mencari tahu fasilitas macam apa yang sedang dicari konsumen.

Fluktuasi harga juga harus diperhatikan, selain faktor lain seperti konsep hunian yang sedang digandrungi akhir-akhir ini.

Menaruh properti di banyak lokasi

Dengan cara ini Anda berarti menaruh properti di banyak lokasi. Jadi pada dasarnya Anda menaruh bangunan di banyak tempat agar bisa menghindari kerugian yang bisa saja dialami sewaktu-waktu.

Andai properti yang Anda taruh di wilayah tertentu turun, sementara di tiga tempat lain malah merangkak naik, tentu Anda akan lebih mudah mengambil keputusan tentang penjualan.

Investasi rumah atau apartemen?

Mungkin Anda bertanya-tanya mana yang lebih menguntungkan di antara keduanya. Sebagian besar orang mungkin lebih memilih rumah.

Alasannya karena lebih cepat dijual lagi, lebih mudah diterima bank, harga sewa gampang naik bila bangunannya berkualitas, dan harga jual yang lebih tinggi ketimbang apartemen.

Namun kalau dibandingkan rumah, apartemen tipe studio biasanya dihargai lebih murah ketimbang rumah tipe 45. Selain itu hunian tipe apartemen biasanya dilengkapi dengan kolam renang atau pusat kebugaran, sehingga terkesan lebih mewah. Dan terakhir, apartemen jauh lebih menguntungkan bila disewakan, karena harganya yang lebih tinggi ketimbang rumah.

Sudah belajar cara cerdas berinvestasi properti? Tentunya Anda sudah tahu donk mana yang harus dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *