Peluang jadi Cuan: Berbisnis Tanaman Hias di 2021

ilustrasi berbisnis tanaman hias

Farzaneh Journal – Pandemi virus corona semakin menggerogoti semua bidang bisnis. Namun, bukan pengusaha jika kita menyerah pada keadaan. Toh masih banyak bidang usaha, salah satunya peluang berbisnis tanaman hias, yang bisa menghasilkan untung untuk mencari nafkah dalam situasi seperti ini.

Kita bisa menemukan contoh konkret di bidang pertanian. Seperti kita ketahui, hasil pertanian sangat penting untuk kebutuhan pokok manusia. 

Contohnya seperti bisnis tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat khususnya para ibu-ibu. Hal ini tidak terlepas dari kondisi WFH (Work From Home) saat terjadi pandemi yang juga menyebabkan masyarakat Indonesia harus bekerja dari rumah.

Selain itu, pandemi di Indonesia juga telah menyebabkan perekonomian banyak orang merosot drastis, apalagi pandemi ini sudah berlangsung lama. 

Selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, usaha tanaman hias ini tidak bersifat sementara (saat terjadi pandemi) karena tanaman hias bukanlah sesuatu yang tiba-tiba muncul dan menjadi tren sementara.

Peluang bisnis tanaman hias ini akan selalu dibutuhkan di setiap rumah sehingga bisa membuat rumah menjadi indah dan enak dipandang.

Memulai berbisnis tanaman hias

Usaha budidaya tanaman hias rumahan ini seperti halnya usaha tanaman hias pada umumnya. Mungkin ada banyak bisnis tanaman hias di sekitar Anda, namun bukan berarti Anda tidak bisa bersaing untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Yang Anda butuhkan untuk memenangkan pasar adalah berinovasi untuk menemukan tanaman hias yang unik, berbeda, dan menarik pelanggan, terutama para ibu-ibu.

  1. Disiplin dan kreatifitas adalah kunci

Dalam mengembangkan usaha tanaman hias pada masa pandemi ini diperlukan kreativitas, karena dengan mengandalkan kreativitas akan menghasilkan produk tanaman yang unik dan berbeda dari yang lain.

Memulai usaha tanaman hias juga membutuhkan kedisiplinan dalam merawat dan membudidayakannya karena disiplin dapat menghasilkan produk tanaman hias dengan pertumbuhan yang maksimal.

  1. Memilih tanaman yang tepat  

Pemilihan media tanam yang tepat dan juga jenis tanaman yang tepat dapat membuat bisnis tanaman hias selalu menguntungkan. Ada banyak jenis tanaman hias yang sedang trending dikalangan ibu-ibu yang bisa menjadi target pasar yang menjanjikan.

Dan anda bisa mencoba tanaman hias yang juga bisa ditanam dalam jangka panjang, jika disimpan lama harganya akan terus naik karena anda menabung dan merawatnya dengan baik.

Salah satu jenis tanaman hias yang dapat ditanam adalah salah satu jenis monstera yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Pemilihan media tanam juga penting dilakukan agar harga produk semakin tinggi sehingga otomatis mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan meningkatkan kepuasan calon konsumen.

  1. Jangan lupa promosi

Promosi dan pemasaran menjadi hal penting yang harus dilakukan dalam memulai bisnis tanaman hias. Anda dapat melakukan promosi dan pemasaran melalui media sosial seperti Iklan Facebook, Iklan Instagram, dan Anda juga dapat mempromosikannya langsung ke kerabat terdekat melalui media chat Anda seperti WhatsApp, Line, Mesengger.

Anda juga bisa unjuk gigi dan keahlian dengan mengikuti komunitas tanaman hias. Di sana Anda bisa menunjukkan keahlian dan kemampuan Anda merawat tanaman hias.

Dan jangan lupa untuk mempercantik produk tanaman hias anda bisa menggunakan pot-pot unik yang bisa menambah daya tarik pembeli. Dengan begitu berbisnis tanaman hias akan semakin menyenangkan, dan semakin memperbesar peluang mendapat cuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *