Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Paru-Paru dan Pegal Linu

manfaat mandi air hangat

Farzaneh Journal – Mandi adalah kegiatan wajib sehari-hari bagi semua orang. Khususnya untuk Anda yang setiap hari beraktivitas di luar rumah, banyak ahli yang menyarankan untuk mandi 2 kali dalam sehari supaya tubuh dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, misalnya infeksi jamur kulit.

Setelah beraktivitas yang membuat tubuh lelah serta berkutat dengan begitu banyaknya pekerjaan. Membersihkan tubuh menggunakan air hangat menjadi pilihan untuk salah satu kegiatan yang wajib dilakukan.

Untuk kesehatan tubuh Anda, mandi menggunakan air hangat mempunyai berbagai manfaat dan memberikan efek yang dapat langsung dirasakan. Manfaat dari mandi dengan air hangat, biasanya dapat dirasakan adanya sensasi menenangkan untuk tubuh dan pikiran.

Manfaat mandi air hangat bagi paru-paru

Namun, selain dapat merasakan sensasi yang menenangkan, manfaat mandi menggunakan air hangat yang paling penting adalah bisa membantu untuk meringankan gejala atau masalah pada sistem pernafasan.

Mandi air hangat dapat menjadi alternatif terbaik guna membantu Anda membersihkan hidung yang tersumbat, dikarenakan dahak pada tenggorokan serta hidung Anda akan lebih lega oleh uap yang muncul dari pancuran air hangat. Dengan teratasinya gangguan pada saluran pernapasan Anda, secara otomatis napas Anda menjadi kembali normal seperti sebelumnya dan asupan  oksigen bagi paru-paru menjadi lebih lancar.

Dengan mandi menggunakan air hangat, suhu dari air hangat serta uap yang terhirup, nyatanya mampu melegakan sistem pernapasan serta menambah asupan oksigen yang dibutuhkan oleh paru-paru.

Efek yang dapat dirasakan seperti ketika Anda bersauna, berdasarkan beberapa studi yang ada dan berkembang, manfaat dari mandi menggunakan air panas atau hangat dapat menurunkan risiko serangan jantung, mengontrol gula darah, sampai dengan menurunkan tekanan darah.

Tentunya mandi dengan air hangat memiliki begitu banyak manfaat lainnya, seperti meringankan gejala pegal-pegal, migren, vertigo, mengurangi stress, bahkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kualitas tidur atau insomnia, hal ini patut Anda coba agar dapat mandi menggunakan air hangat sebelum pergi tidur. Karena dengan Anda mandi air hangat, tubuh dapat terbantu merasa lebih rileks hingga membuat rasa kantuk segera datang.

Mandi air hangat menghilangkan pegal linu

Setelah lelah seharian bekerja, mandi air hangat menjadi pilihan terbaik melepas lelah. Banyak orang memilih untuk berdiri di bawah pancuran air hangat supaya lebih rileks, namun ada juga orang-orang yang lebih suka berendam air hangat dan mencampurkan minyak esensial sembari membaca buku serta menikmati alunan musik.

Mandi dengan air hangat, sudah sejak lama dipercayai baik bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk meredakan dan menghilangkan rasa lelah dan pegal. Bahkan muncul istilah ‘heat therapy’ sebagai gambaran bagaimana caranya agar cedera serta sakit pada tubuh dapat menghilang.

Rasa pegal di otot sebenarnya disebabkan adanya penumpukan asam laktat. Penumpukan tersebut terjadi akibat Anda menggunakan otot secara berlebihan. inilah yang menyebabkan munculnya rasa pegal.

Lantas, mengapa berendam air hangat bisa membantu mengurangi rasa pegal? Teorinya, merendam badan yang pegal di dalam air hangat bisa memperlancar sirkulasi darah. Sederhananya adalah karena air hangat dapat memperlebar pembuluh darah.

Ketika mandi dengan air hangat, Anda bisa menggerak-gerakkan seluruh anggota tubuh seperti pinggang, pundak, leher, serta bagian tubuh yang terasa kaku. Bisa juga dengan memijat ringan bagian tubuh, jika memiliki pancuran, Anda berdiri di bawahnya selama 10 menit.

Tekanan dari pancuran dapat Anda jadikan pengganti alat pijat alami dan membantu meredakan nyeri otot dan kaku atau merendam bagian tubuh dengan air hangat, juga bisa merilekskan persendian hingga bisa mengurangi pembengkakan, peradangan atau rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *