Aman, Hemat, Awet! Yuk Kenali Kelebihan Mandi Air Hangat Pakai Pemanas Air Tenaga Surya

manfaat mandi air hangat

Melihat betapa baiknya mandi dengan air hangat, tak heran jika pamor produk pemanas air semakin meningkat. Bahkan, banyak sekali deretan brand ternama di pasaran. Seperti contohnya Ariston yang kini muncul dengan inovasi pemanas air tenaga surya. Namun, apakah produk ini baik dan aman? Tak perlu takut berikut sedikit testimoni dan infonya. 

Pemanas air tenaga surya: Lebih Hemat Energi 

Konsep hemat energi ternyata bisa didapat dari penggunaan sumber daya tak terbarukan berupa cahaya matahari. Solar panel sendiri sudah mulai digalakkan di Indonesia. Yang mana jadi solusi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. 

Menariknya, tenaga surya pun tidak hanya terbatas untuk penggunaan listrik di rumah tapi juga untuk water heater. 

Konsumsi energi panas murni diolah dari sumber panas matahari secara langsung. Pada dasarnya, cara kerja produk ini adalah panel menyerap energi dari sinar matahari. 

Kemudian panas yang ditampung tersebut akan diserap oleh panel surya dan disalurkan ke dalam tangki air khusus. Dengan demikian, panas air akan tetap terjaga dan siap digunakan. 

Agar air tetap panas, maka terjadi prinsip Thermosiphon yang mana air dipanaskan secara langsung dengan panas matahari. 

Air yang telah panas akan masuk ke dalam tangki dan air dingin ke bagian bawah kolektor. Siklus ini terjadi secara terus menerus dengan bantuan tangki yang punya daya isolasi tinggi. Sehingga pemanas air pun siap digunakan setiap saat. 

Bahan Lebih Awet 

Brand ternama seperti Ariston berani menjamin daya tahan produk pemanas berdaya panel surya. Bahkan, demi memberikan hasil yang terbaik dan sesuai kebutuhan pun Ariston hadir dengan banyak pilihan jenis mesinnya. 

Seperti pemanas dengan panel surya, pemanas direct, atau dengan tenaga surya indirect. Setiap jenisnya dibuat dengan bahan berkualitas tinggi. 

Dengan begitu, produk dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Selebihnya, beberapa produknya pun telah memiliki sertifikat kualitas yang telah diakui di Eropa. 

Beberapa jenisnya pun dirancang di Italia. Dengan begitu build quality dan ketahanan produk yang diberikan pun lebih terjamin daripada  brand lainnya. 

Punya Kapasitas Yang Lebih Besar 

Bergantung dengan jenis produk dan ukuran tangki yang digunakan, kapasitas pemanas air yang satu ini cenderung lebih besar dan praktis. 

Terutama mengingat penggunaan solar panel, pemanas secara langsung, dan tidak langsungnya. Tak heran jika asupan air panas harian pun lebih banyak. Bahkan diperkirakan, kapasitasnya dapat menampung lebih dari 400L. 

Teknologi Keselamatan yang lebih baik 

Karena telah memiliki sertifikat dan dibuat oleh para ahli, produknya pun dinilai lebih aman. Terutama jika mengingat bahwa sumber energi utamanya adalah panas matahari, bukan listrik atau LPG. 

Dengan begitu, risiko gas bocor atau kesetrum pun tidak akan terjadi. Belum lagi dengan beberapa teknologi canggih dari sistem kontrolnya. 

Seperti contohnya Kairos Extra CD1 400-500 yang merupakan tangki solar kumparan tunggal besutan Ariston. Produk yang satu ini memiliki sistem sirkulasi buatan untuk cara pemanas tidak langsung. 

Bahkan ada juga teknologi katup dan kit keselamatan hidrolik, motorized thermostatic, sistem SENSYS, laporan lengkap, kontrol teknik dengan sistem terpadu, yang saya rasa tak ada duanya. 

Setelah menggunakan pemanas air pada umumnya, konsumsi tenaga untuk proses pemanasan ternyata jauh lebih baik dan hemat. Terutama jika ingin lebih hemat listrik atau LPG. 

Memang benar harga awalnya lebih mahal. Namun dengan teknologi yang lebih canggih, besar kemungkinan produk ini akan lebih awet dan ramah kantong di waktu ke depan.

Jadi kalau ingin mandi air hangat yang berkualitas, akan lebih baik kalau kita menjatuhkan pilihan pada ARISTON.