Yuk Pelajari Kewajiban dan Hak Kita dalam Berkendara

Hak berkendara

Masyarakat tanpa terkecuali mempunyai hak dan kewajiban mengenai penggunaan jalan umum. Baik itu pejalan kaki maupun mereka yang menggunakan kendaraan. Dan pada pembahasan kali ini akan dijabarkan mengenai apa hak kita dalam berkendara di jalan umum, pun dengan kewajiban yang harus dipenuhi. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut.

Apa Hak Kita dalam Berkendara ?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa hak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), didefinisikan sebagai kepunyaan, milik, kewenangan, dan kekuasaan untuk berbuat sesuatu. Ada juga yang mengartikan hak sebagai segala sesuatu yang harus diperoleh oleh setiap individu, dimana segala sesuatu ini telah dimiliki sejak di dalam kandungan.

Dalam hal ini, sebagai masyarakat yang tinggal di negara demokrasi kita memiliki berbagai macam hak. Seperti hak hidup, hak berpendapat, sampai hak dalam berkendara di jalan umum. Jalan umum sendiri adalah semua jalan yang digunakan oleh publik, baik itu pengguna kendaraan maupun pejalan kaki. Berikut adalah apa hak kita dalam berkendara di jalan umum.

  1. Jalan Bersih dan Aman

Semua lapisan masyarakat yang menggunakan jalan umum mempunyai hak atas kondisi jalan yang bersih dan aman. Yang dimaksud sebagai jalan aman di sini adalah tidak terdapat lubang yang dapat membahayakan. Pasalnya berkendara di jalan berlubang tentunya bisa memicu kendaraan menjadi oleng dan kurang stabil, sehingga dapat membahayakan pengemudi.

  1. Menggunakan Semua Ruas Jalan

Setiap pengguna jalan berhak menggunakan semua ruas jalan sesuai dengan fungsinya. Untuk pejalan kaki sudah tersedia trotoar, sementara pengguna kendaraan bisa menggunakan badan jalan. Umumnya kendaraan bermotor boleh mengambil jalur cepat di sisi kanan dan jalur lambat di sisi kiri. Penggunaan jalan yang sesuai fungsinya ini tidak akan sampai mengganggu pengguna jalan lain.

  1. Jalan untuk Ambulans dan Pemadam Kebakaran

Meskipun apa hak kita dalam berkendara adalah menggunakan semua badan jalan sesuai fungsinya, namun kendaraan seperti ambulans dan pemadam kebakaran bisa memperoleh hak lebih ketika sirine menyala. Karena dua jenis kendaraan tersebut dimanfaatkan untuk memberi pertolongan di kondisi berbahaya, sehingga perlu didahulukan atau mendapat prioritas terkait penggunaan jalan.

Kewajiban dalam Berkendara

Selain memiliki hak, pengguna jalan juga mempunyai kewajiban yang harus diikuti dalam menggunakan jalan umum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban mempunyai arti yaitu sesuatu yang harus dikerjakan, dilaksanakan, tugas, atau keharusan. Di sini kewajiban bagi pengguna kendaraan tentu berbeda dari pejalan kaki. Adapun kewajiban sebagai pengendara kendaraan bermotor yaitu:

  1. Menjaga Kebersihan

Karena memiliki hak memperoleh jalan yang bersih dan aman, pengguna jalan juga berkewajiban dalam menjaga kebersihan tersebut. Itu berarti kita tidak boleh asal membuang sampah secara sembarangan di jalan umum ketika sedang berkendara. Jadi simpan saja terlebih dahulu sampah yang ada, baru kemudian dibuang saat menemukan tempat sampah.

  1. Menghormati Pengguna Jalan Lain

Ketika sedang berkendara, kita wajib untuk menghormati pengguna jalan lain. Karena jalan umum pada dasarnya digunakan oleh banyak orang. Sehingga setiap orang wajib saling menghormati dan tidak membuat orang lain merasa kurang nyaman. Contohnya berkendara dengan kecepatan tinggi padahal kondisi sedang ramai, tentu ini bisa menyebabkan kecelakaan dan mengganggu pengguna lain.

  1. Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Meskipun apa hak kita dalam berkendara di jalan umum yaitu berhak atas semua ruas jalan sesuai fungsinya. Akan tetapi mematuhi rambu lalu lintas merupakan hal wajib yang harus dilakukan selama penggunaan ruas jalan tersebut. Sebab rambu lalu lintas dibuat agar perjalanan menjadi nyaman dan aman bagi semua orang.

Demikian hak dan kewajiban yang harus dipahami ketika sedang berkendara di jalan umum. Selain itu, kita perlu memastikan bahwa kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik supaya perjalanan nyaman dan aman. Misalnya anda bisa menggunakan mobil Toyota yang dikenal memiliki performa tinggi di jalan raya. Tapi jangan lupa lakukan service berkala untuk menunjang performanya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *